Benarkah Minum Teh Berbahaya Bagi Ibu Hamil?

Teh memang salah satu minuman yang segar dan menyehatkan tubuh, tetapi bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan, ada baiknya berhati-hati dengan minuman yang satu ini, demikianlah yang telah disarankan oleh ilmuwan yang baru saja menyelesaikan penelitian terbarunya.

Lantas pertanyaannya.... apa yang menjadi asalan bahwa teh ini berbahaya jika dikonsumsi oleh wanita atau ibu hamil?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Alberta telah menemukan bahwasannya teh tidak selamanya sehat. Pengujian yang telah dilakukan untuk menunjukan bahwasannya ada banyak jenis teh yang mengandung konsentrasi timbal yang sangat berbahaya, terutama untuk wanita hamil, atau pun ibu menyusui dan juga bayi mereka.

Dalam dosis yang kecil sekalipun, timbal mempunyai dampak bagi anak dan janin sedang tumbuh, karna bisa berpengaruh pada sistem sarafnya. Para ilmuwan telah menemukan bahwa kosentrasi timbal tertinggi ada didalam teh yang telah diseduh selama 15 menit.

Beberapa teh yang sudah diuji adalah teh yang berasal dari India, China, dan juga Sri Lanka. Di mana konsentrasi timbal tertinggi yang telah ditemukan dalam teh China. Sehingga hasil ini, para ilmuwan menyarankan supaya ibu hamil dan juga menyusui untuk bisa mengurangi konsumsi teh atau pun minum teh hanya 1 hingga 2 cangkir setiap harinya.

Dampak minum teh bagi ibu hamil

Teh pada dasarnya adalah stimulan, zat psikoaktif yang bisa bekerja pada sistem saraf pusat untuk bisa meningkatkan kewaspadaan. Hal inilah juga bisa meningkatkan detak jantung serta laju metabolisme.

Selain itu, dengan mengkonsumsi teh secara teratur di dalam jumlah yang besar, bisa dapat menyebabkan sakit dikepala dan juga isomnia. Dimana minuman teh ini memiliki sifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Dan selama masa kehamilan, ibu yang hamil ini perlu untuk tetap terhidrasi dengan baik, sehingga minuman teh ini juga bisa mempengaruhi janin seperti halnya mempengaruhi ibu hamil. Hal inilah yang bisa meningkatkan detak jantung janin serta mempengaruhi pola tidur dan juga gerakan bayi di dalam rahim.

Dan bukan itu saja, hal ini juga bisa menjadi penyebab pembuluh darah yang menyempit dan mengurangi pasokan darah ke plasenta. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar. Yang lebih buruknya lagi, dengan mengkonsumsi banyak teh akan menyebabkan keguguran, berat badan waktu lahir rendah, atau bahkan lahir mati.

Bayi yang belum lahir ini tidak bisa sepenuhnya memetabolisme minuman teh dan tetap ada d dalam aliran darah bayi untuk waktu yang lebih lama.

Itulah tadi beberapa informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda tentang bahaya konsumsi minuman teh bagi ibu hamil, semoga bisa bermanfaat.

Share this