Jika Anak Terlihat Kurus



Faktor utama yang menyebabkan Anak terlihat kurus dan kecil adalah dari faktor keturunan. Diberi makan sebanyak apapun juga, ia akan tetap kurus. Berbeda dengan anak lain yang mungkin kurus, karena nafsu makannya hilang. Banyak orang tua yang mengambil sebuah tindakan yang salah, sikap orang tua yang terlampau memaksa agar anak mau makan dengan cara menjejali makanan ke mulut si anak secara terus-menerus, dapat membuat dia menjadi jemu untuk makan. Mayoritas anak yang memiliki rasa takut yang berlebihan, seperti takut terhadap polisi, setan, jin, orang mati atau takut jika ditinggal oleh orang tua mereka, maka hal tersebut dapat menjadi faktor dari kehilangan nafsu makan dan menjadi kurus. Seorang adik yang selalu iri pada kakaknya, akan menghabiskan tenaga yang cukup banyak, sehingga tidak bisa tenang di waktu makan. Seorang anak menjadi kurus, jika ia kurang makan atau penggunaan energinya yang berlebihan atau tidak efektif. 

Di negara-negara berkembang, banyak anak menjadi sangat kurus, karena orang tua tidak tahu atau tidak mampu menyediakan makanan yang dibutuhkan oleh si buah hati. Ada sejumlah penyakit yang dapat hinggap di dalam tubuh, yang dapat terjadi selama beberapa tahun yang dapat menyebabkan anak menderita penyakit kekurangan gizi. Anak yang menjadi kurus karena suatu penyakit biasanya akan pulih kembali jika ia telah sembuh dan mendapat perawatan yang serius. Hal ini biasanya memakan waktu yang tidak sebentar. 

Anak yang mendadak kehilangan sejumlah berat badannya, harus langsung diperiksa ke dokter. Mungkin beberapa penyakit menyerang mereka dan membutuhkan perawatan dokter.

Jika Anak Anda Kurus

Tentu saja jika anak tampak sehat dan bahagia, Anda tidak usah kahwatir. Akan tetapi, tidak ada salahnya kalau Anda mau membawanya ke dokter untuk memeriksa kedaan dari si buah hati dengan teliti. Anak yang berbadan kurus, ia tidak bertambah berat badannya dan terus menerus letih, mungkin menderita gangguan emosi.

Tips memberi makan untuk anak yang kurus

  • Makanan kecil di antara dua waktu makan, sangatlah baik untuk anak yang kurus, karena ukuran lambungnya yang kecil, sehingga tidak bisa diisi dengan sekaligus. Makan dengan porsi lebih sering akan sangat menolong bagi mereka yang kurus.
  • Biarkan anak makan makanan yang ia sukai. Bila ia memilih makanan cuci mulut dan tidak mau makan nasi dan sayuran jangan dipaksa. Yang terpenting untuk Anda sebagai orang tua tentunya mengetahui mana makanan yang baik untuk anak dan yang tidak baik untuk kesehatannya. 
  • Jangan pernah memaksa anak agar mau untuk memakan sayuran, jangan sampai hal tersebut terjadi, tapi sebaiknya ajarkan dia sedikit demi sedikit untuk dapat menerima rasa dari sayuran tersebut, sehingga dia tetap mendapatkan asupan yang vitamin dan nutrisi yang cukup.

Semoga artikel tersebut yang berjudul Jika Anak Terlihat Kurus, dapat bermanfaat bagi anda

Share this