Ragam Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Ibu Hamil


Penting sekali bagi ibu hamil untuk senantiasa memenuhi kebutuhan nutrisi dirinya dan juga kebutuhan nutrisi bayinya. Guna mencukupi kebutuhan nutrisi bayi dan dirinya, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi serta juga mengonsumsi vitamin prenatal dalam jumlah yang cukup.

Dan ternyata tidak semua jenis makanan dapat anda makan loh! Ada beberapa jenis makanan yang ternyata dapat membuat janin dalam rahim anda terganggu dan membuat imunitas ibu hamil jadi menurun.

Oleh sebab itu, beberapa jenis makanan tersebut harus anda hindari! Apa sajakah jenis makanan yang wajib dihindari ibu hamil?

Ini dia informasinya untuk anda!

Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

Ada sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan menghindari beberapa jenis makanan ini diharapkan kondisi ibu hamil jadi sehat, dan diharapkan pula janin dalam kandungan ibu bisa mengalami perkembangan terbaiknya.

Tak usah berbasa – basi lagi, yuk kita bahas apa saja ragam makanan dan minuman yang harus dihindari ibu hamil!

Dan makanan pertama yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah...

Makanan Mentah Atau Setengah Matang

Satu alasan mengapa makanan mentah atau makanan setengah matang ini harus dihindari oleh ibu hamil. Alasannya adalah...

Karena tak jarang, di dalam makanan mentah atau makanan setengah matang terkandung banyak bakteri dan virus yang belum mati. Bayangkan saja jika bakteri dan virus tersebut masuk ke dalam tubuh ibu hamil, pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan janin si ibu hamil.

Mulai dari ikan mentah, makanan instan dan ragam makanan mentah atau setengah matang lainnya harus anda hindari dulu ladies.

Dan yang kedua berasal dari minuman. Minuman yang harus anda hindari adalah...

Minuman yang Mengandung Kafein

Salah satu contoh minuman berkafein yang harus anda hindari adalah kopi. Memang sedap dan menyenangkan sih ketika hamil mengonsumsi kopi. Sensasi hangat yang diberikan dapat membuat tubuh menjadi fresh.

Tetapi, jika anda mengonsumsi kopi terus menerus, yang ada malah janin anda perkembangannya terganggu. Bahkan tercatat, wanita hamil yang semasa hamil sering mengonsumsi kopi berat bayinya saat lahir sangat kecil. Bahkan ada yang hanya mencapai 3000 gram sehingga harus masuk ke inkubator.

Anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri anda bukan? Karena itu hindari dulu kopi dan minuman atau makanan berkafein lainnya.

Dan yang lain harus anda hindari semasa hamil adalah....

Rokok dan Alkohol

Rokok yang banyak mengandung tar dan nikotin menjadi racun ampuh yang bisa membunuh janin di dalam kandungan. Jika memang janin di dalam kandungan tidak terbunuh, bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur atau bayi lahir dengan gangguan pernapasan. Karena itu, rokok harus anda hindari.

Demikian halnya dengan alkohol. Alkohol punya banyak kandungan negatif yang bisa membuat gangguan perkembangan mental pada si bayi yang lahir.

Nah, sekarang tentu anda sudah paham dengan apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari. Semoga informasi yang kami berikan kali ini sehubungan dengan Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Ibu Hamil bermanfaat. Dan jaga selalu kesehatan anda dan janin anda.

Share this