Penting! Waspadai Faktor Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil


Bagi setiap wanita, khususnya mereka yang sudah menikah, kehamilan merupakan fase penting dalam hidup yang kehadirannya sangat ditunggu – tunggu. Benar saja, kehamilan adalah suatu fase untuk menanti kelahiran seorang anak yang merupakan buah hati keluarga. Jadi, tak heran jika mereka yang sudah menikah sangat menantikan kehadiran buah hati ini.

Mungkin anda juga termasuk yang saat ini sedang hamil dan menantikan hadirnya seorang anak??

Jika iya, tentu saja anda harus menjaga kandungan anda sebaik mungkin, jangan sampai keguguran loh!

Eits jangan dulu gamang ya? Tidak semua wanita hamil beresiko keguguran, asalkan dapat menjaga kandungannya dengan benar.

Walaupun memang resiko keguguran pada wanita hamil tinggi, tetapi anda yang saat ini sedang hamil jangan negatif thinking dulu ya? Tetap optimis dan jaga supaya kandungan anda tidak lemah dan tidak beresiko mengalami keguguran.

Harus kita akui bahwa keguguran adalah suatu momok yang paling ditakuti setiap wanita hamil. Janin di dalam kandungan memang tidak dapat diprediksi karena itu keguguran bisa terjadi kapan saja. 

Karena itu, alangkah baiknya jika anda yang saat ini hamil tahu dan waspada tentang apa saja sih yang dapat menyebabkan keguguran? Dengan demikian anda dapat selalu waspada dan menghindari faktor – faktor yang memang dapat menyebabkan keguguran sejak dini.

Ingin tahu informasi tentang faktor – faktor yang menyebabkan keguguran lebih lanjut?

Jika iya, langsung saja kita simak informasi di bawah ini ya!

Faktor – Faktor Penyebab Keguguran Pada Wanita Hamil

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan kehamilan bahkan keguguran pada ibu hamil. 

Faktor penyebab keguguran yang pertama pada wanita hamil adalah...

Kadar Vitamin Dalam Tubuh

Penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ahli menyebutkan bahwa defisiansi vitamin dapat menyebabkan potensi keguguran pada wanita hamil.

Defisiansi vitamin ini utamanya vitamin D dan B. Untuk itu anda yang saat ini sedang hamil harus selalu mencukupi kebutuhan vitamin D dan B ini supaya terhindar dari resiko keguguran. 

Dan ada baiknya lagi, anda konsultasikan kebutuhan vitamin tubuh kepada dokter kandungan, supaya jelas berapa jumlah vitamin yang dibutuhkan saat ini.

Mengapa? Sebab jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi vitamin khususnya vitamin A juga beresiko terhadap kehamilan itu sendiri. Jadi, konsumsi vitamin prenatal juga harus diperhatikan.

Dan faktor kedua yang dapat menyebabkan keguguran yaitu...

Usia

Ya, usia menjadi faktor penyebab keguguran. Alasannya adalah....

Salah satu alasannya adalah karena ovum dan sperma rentan terkena kerusakan genetik sehingga ovum di dalam lahir tidak berkembang dan menyebabkan keguguran.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa wanita hamil yang usianya 40 tahun keatas rentan mengalami keguguran. Karenanya upayakan hamil sebelum usia 40 tahun supaya tidak beresiko mengalami keguguran.

Sementara, masih ada faktor lainnya yang dapat menyebabkan keguguran. Faktor lainnya ini adalah...

Ketidakseimbangan Hormon

Hormon didalam tubuh bisa jadi tidak seimbang karena beberapa faktor. Umumnya hormon tiroid yang tidak seimbang dapat berpotensi menyumbang resiko keguguran pada wanita hamil. 

Fungsi hormon tiroid adalah...

Mengatur kecepatan tubuh membakar energi dan memproduksi protein dalam tubuh. Serta juga mengatur sensitifitas tubuh terhadap hormon lainnya termasuk hormon kehamilan. Karena itu, jika hormon tiroid tidak bekerja seimbang, potensi keguguran bisa besar.

Nah, sekarang anda sudah tahu dan paham mengenai faktor penyebab keguguran. Semoga informasi yang kami berikan kali ini sehubungan dengan Faktor – Faktor Penyebab Keguguran Pada Wanita Hamil bermanfaat. Dan selalu waspada serta jaga kandungan anda!

Share this