Kapan Waktu Bayi Mulai Bicara


Hampir semua bayi pada waktunya akan mengeluarkan suara-suara yang memiliki arti ketika mereka hampir mencapai usia 1 tahun. Tetapi ada juga anak yang berperilaku normal yang menunggu saat bicara untuk beberapa lama lagi. Tampaknya hal ini sangat tergantung pada karakter dan kepribadian anak. Bayi yang ramah dan lincah, mungkin lebih cepat ingin mengoceh. Bayi yang tenang, mungkin lebih suka untuk lebih mengamati lingkungannya terlebih dahulu daripada mengutarakan isi hatinya.
Lingkungan dan cara perawatan bayi pun banyak memegang peranan yang penting. Apabila orang tua selalu menekan dan cenderung untuk selalu berdiam diri sewaktu merawat anak nya, maka yang terjadi adalah bayi akan menderita kekurangan komunikasi dan tidak mau mulai mengoceh. Pada segi ekstrim lainnya, bila semua orang di lingkungannya selalu mengajak bicara, bercakap-cakap riuh rendah, dan selalu mengganggunya sepanjang hari, maka yang terjadi adalah anak mungkin akan merasa jengkel dan tidak akan mau memberi respons jika banyak orang di sekitarnya. Pada saat ini, anak belum merasa perlu untuk bergaul dengan orang lain. Tua muda mungkin akan merasa lebih senang bicara jika berada dalam lingkungan yang simpati dan ramah. Perbedaan satu-satunya dengan bayi adalah mereka belum bisa karena bayi harus belajar mengungkapkan kata-kata itu terlebih dahulu.
Kadang-kadang ada anak yang merasa tidak perlu untuk belajar bicara. Oleh karena itu, semua anggota keluarga perlu memberikan serta memenuhi kebutuhan mereka, sebelum mereka sadar apa yang mereka inginkan. Hal semacam ini hanya memperlambat bayi untuk belajar mengucapkan berbagai perkataan. Tapi hal ini tidak akan membuat anak menjadi pendiam,  kecuali kalau semua anggota keluarga melakukan hal ini secara berlebihan.
Umumnya jika kita mengajak bicara bayi, kita akan menggunakan kata-kata yang sederhana, atau jika menggunakan kalimat yang panjang, kita akan menekankan kata-kata yang kita anggap penting.

Apakah anak yang terlambat bicara merupakan anak yang mengalami perkembangan mental terlambat?
Memang betul, sejumlah anak yang perkembangan mentalnya terhambat, dia akan mengalami keterlambatan dalam upaya untuk berbicara. Tapi umumnya anak-anak ini dapat menggunakan kata-kata pada saat mencapai usia rata-rata. Tentu saja, anak yang mental nya sangat terbelakang, jika usia anak tersebut sudah menginjak 2 tahun masih belum bisa duduk, maka anak tersebut tidak akan bisa cepat bicara. Tetapi, pada zaman sekarang banyak anak-anak yang lambat bicara, bahkan ada yang baru mulai bicara pada usia sekitar 3 tahun.

Perkembangan si buah hati dapat lebih baik, jika orang tua mampu bersabar dalam menghadapi perilaku si buah hati. Ajarkan kata-kata yang mudah, agar anak Anda tidak bingung. Jika anak anda menunjukkan sikap penolakan sebaiknya hentikan hal yang sedang anda perbuat, karena jika diteruskan maka dapat membuat si anak menjadi marah, dan tidak mau berbicara lagi.

Share this