Fase Perkembangan Bayi


Hal yang membuat bahagia adalah ketika kita melihat tingkah buah hati kita yang setiap hari melihatkan perkembangan yang signifikan. Biasanya hal yang membuat kita bangga ketika melihat si buah hati sudah mampu berbalik, duduk, merangkak, berdiri dan berjalan. Pada usia tersebut si buah hati dapat menunjukkan berbagai gerakan yang bervariasi dibandingkan dengan usia pada saat mereka mampu hanya mampu mengontrol kepala dan tangan mereka.

·      Berbalik dan duduk
Seorang bayi pada saat dia mampu untuk berbalik sama sekali tidak boleh diletakkan di atas meja atau tempat tidur yang cukup tinggi tanpa adanya pengawasan. Karena sedikit saja Anda lengah, maka hal yang dapat terjadi adalah dia sudah terbaring di lantai dengan suara tangisan.
Kebanyakan bayi belajar untuk duduk tegak sendiri pada usia 7-9 bulan. Sejumlah kecil bayi akan menunggu sampai berusia sekitar 12 bulan. Anda tidak usah cemas, karena bayi normal dan cukup pandai. Tetapi sebelum mereka berhasil melakukan gerakan ini sendiri, sering kali mereka belajar untuk mencobanya. Setiap kali Anda memegang tangannya, mereka berusaha untuk menarik dirinya ke posisi duduk.
·      Merangkak
Merangkak mulai dipelajari bayi ketika ia berusia 6 bulan hingga 1 tahun. Ada bayi yang mula-mula belajar untuk merangkak mundur, ke arah samping, ada juga yang merangkak dengan tangan dan lututnya. Adapula yang merangkak dengan cepat kemudian akan lebih lambat belajar berjalan. Ketika bayi yang tidak begitu pandai merangkak, atau yang tidak pernah belajar merangkak memiliki alasan kuat untuk cepat belajar berjalan.
·      Berdiri
Belajar berdiri biasanya dilakukan bayi pada kuartal terakhir dari tahun pertama. Tidak jarang ditemukan anak yang tidak pernah berdiri sampai ia berusia sekitar 1 tahun, meskipun dari segi lain ia cukup cerdas dan normal. Sejumlah bayi mungkin memang agak malas dan kurang gesit. Anda tidak usah cemas, jika anak Anda demikian selama dokter menganggap mereka cukup sehat. Pun kalau anak tampaknya cukup cerdas dan memberikan respons dalam berbagai cara lain.
·      Jalan
Banyak faktor yang menentukan usia bayi bisa berjalan sendiri. Misalnya besarnya ambisi bayi, berat ringannya tubuh bayi, kepintarannya merangkak, berbagai penyakit yang pernah di deritanya dan pengalaman yang buruk. Bayi yang baru saja berjalan dan kemudian menderita sakit selama kurang lebih dua minggu, mungkin tidak ingin mencoba berjalan lagi selama lebih dari satu bulan. Atau jika baru berjalan dan terjatuh, mungkin ia akan menolak untuk belajar jalan lagi selama beberapa minggu.

Kebanyakan bayi belajar jalan antara usia 12-15 bulan. Sejumlah kecil bayi yang  sangat ambisius mungkin sudah mulai berjalan pada usia 9 bulan. Juga ada dari mereka yang berjalan hingga usia 18 bulan bahkan lebih.

Share this