Cara Mengatasi Anak yang Terlalu Gemuk


Dahulu, diduga anak kegemukan karena memiliki kelainan pada kelenjar, tetapi kelainan ini jarang sekali terjadi. Banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi gemuk, misalnya faktor keturunan, watak, selera makan, atau dari kebahagiaan anak. Jika kedua orang tua memang mempunyai postur yang gemuk, maka besar kemungkinan jika anak akan menjadi gemuk. Faktor terpenting di sini adalah nafsu makan anak tersebut. Anak yang memiliki nafsu makan yang sangat tinggi di dalam menghadapi kue-kue, permen, dan coklat tentunya akan gemuk dari anak yang nafsu makannya biasa saja.
Tetapi, masalahnya terletak pada mengapa nafsu makan anak dapat menjadi sedemikian besarnya. Kita tidak mengerti benar mengenai masalah ini. Memang ada anak yang dilahirkan dengan nafsu makan yang besar, dan meskipun mereka sakit nafsu makannya tetap besar, atau sedang susah. Ada juga anak yang tidak peduli apakah makanan itu disukainya atau tidak, yang penting makanan tersebut ia santap dan merasa kenyang.
Menurut para ahli anak yang kegemukan dalam tahun-tahun pertama hidupnya, maka besar kemungkinan akan gemuk di tahun-tahun berikutnya. Yang terpenting yaitu tidak memberikan makanan sewaktu-waktu kepada seorang bayi terlalu banyak. Mulailah membatasi asupan makanan kepada anak begitu berat badannya sudah melebihi batas ideal. Bukan berarti membatasi jatah makan anak anda, tetapi mengurangi porsi makanan dari takaran sebelumnya.
Orang tua dapat membantu diet bagi anak yang terlalu gemuk , misalnya dengan cara mengurangi untuk memberikan makanan yang bersifat manis dan makanan yang berlemak. Sajikan buah-buahan yang kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan anak. Dukungan dari keluarga sangat diperlukan, ketika anak sedang menjalani proses diet. upayakan agar si anak dapat melakukan aktivitas fisik sedikitnya 60 menit setiap harinya.

Kontrol pada Dokter
Jika Anda memutuskan agar memberi diet pada anak, pastikan konsultasi pada dokter terlebih dulu. Pertama-tama untuk menentukan apakah memang anak perlu untuk diet atau tidak. Kedua, apakah dia mau menerima nasihat dari dokter atau cenderung lebih mau mendengar nasihat orang tuanya. Yang penting diet tidak memberikan kalori tinggi, tapi tidak menyebabkan anak kekurangan gizi. Akhirnya, karena penurunan berat badan bisa menimbulkan gangguan kesehatan, maka perlu diperhatikan agar penurunan ini tidaklah terlampau cepat dan yang bersangkutan tetap sehat.
Kalau Anda tidak bisa menghubungi dokter untuk meminta nasihat nya, orang tua harus menuntut anak agar setiap hari minimal mendapat susu, skim, daging ayam, daging sapi, ikan, telur, sayuran dan buah-buahan. Anak harus diyakinkan bahwa makanan ini tidak menggemukkan, tapi penting untuk mencegah gangguan pada otot tulang dan organ tubuh. Kurangi jumlah tepung-tepung dan hindarkan makanan cuci mulut yang manis-manis.


Yang terpenting adalah Jadikan upaya untuk mengatasi kegemukan pada anak anda sebagai program seluruh anggota keluarga. Agar dia merasa diperhatikan dan merasa keluarga sangat mendukungnya. 

Share this